Sekarang 147 Laboratorium Bisa Uji Spesimen Covid-19 14 Ribu Per Hari Gugus Tugas

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid 19 Wiku Adisasmito, mengatakan pemerintah terus berupaya memperbanyak uji tes spesimen PCR virus corona (Covid 19). Ia menyebut, sebanyak 147 laboratorium sudah digunakan dalam melakukan uji spesimen. "Mulai dari laboratorium rujukan sampai sekarang ada 147 lab rujukan," kata Wiku di di Graha BNPB, Jakarta, Rabu, (10/6/2020).

Saat ini, menurut dia, laboratorium tersebut telah berhasil melakukan tes spesimen sebanyak 14 ribu sampel. Tentunya, usaha ini terus ditingkatkan guna mencapai target yang dipasang Presiden Jokowi yakni 20 ribu per hari. "Sekarang sudah bisa 14.000 meskipun masih naik turun," jelasnya.

Ia pun menjelaskan, kendala uji spesimen yang terjadi yakni karena laboratorium berada di bawah kementerian dan lembaga yang beda beda. "Ini adalah disrupsi sistem administrasi kelembagaan kita yang perlu ditingkatkan ke depan dalam rangka deteksi penyakit berbahaya," ucapnya. "Tapi semuanya sudah menjadi satu kesatuan data sehingga kemampuan kita untuk melihat hasilnya bisa real time," jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *