Saya Ikuti Kebijakan Pemerintah Rayakan Lebaran di Tengah Pandemi Kapolri

Perayaan hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah kali ini terasa berbeda karena adanya pandemi Covid 19 atau virus corona. Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis turut merayakan Lebaran yang jatuh hari ini, Minggu (24/5/2020) dengan catatan mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Di hari kemenangan ini, Idham Azis dan keluarga mengawali hari yang fitri dengan salat Id di rumah saja demi kesehatan bersama.

Terlebih Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah menjamin salat Id di rumah sama sahnya dengan salat Id di lapangan maupun masjid seperti yang biasa dirayakan setiap Lebaran. Situasi ini jauh berbeda dengan Idul Fitri tahun tahun sebelumnya. Dimana dalam tradisi di lingkungan Mabes Polri, salat Id biasanya digelar di lapangan sebrang Mabes Polri.

Baik Kapolri, Wakapolri hingga seluruh jajaran pajabat utama Mabes Polri beserta keluarga salat Id berjamaah disana. Selanjutnya digelar acara halal bi halal di Rupatama Mabes Polri. Seluruh keluarga besar menyantap hidangan khas Lebaran dan pastinya saling bersilaturahmi.

Tentunya sebagai pucuk pimpinan Polri, ‎Idham Azis tidak mudik karena harus menjaga dan memonitor keamanan negara. Tidak mudik, menjadi hal yang biasa baginya karena harus tetap bekerja. Idham Azis memahami Lebaran tanpa mudik dan berkumpul bersama keluarga besar sangatlah berat dan seperti ada yang kurang. ‎

Meski begitu, aturan pemerintah harus tetap dipatuhi demi keselamatan bersama dan agar terhindar dari virus corona. Mantan Kapolda M‎etro Jaya ini meminta masyarakat memprioritaskan keselamatan di hari Lebaran. Meskipun tidak bertemu langsung‎ dengan orang tua dan sanak keluarga, masyarakat harus saling mendoakan dari kejauhan.

"Walaupun berjauhan tetap saling mendoakan. Saya mendoakan agar kita semua diberi keberkahan dan kesehatan serta dipertemukan dengan Ramadhan berikutnya. Selamat Idul Fitri 1441 Hijriah," tambah Idham Azis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *