PR Bertumpuk Menanti Ronald Koeman Baru Ditunjuk Sebagai Pelatin Barcelona

Baru ditunjuk sebagai pelatih anyar dari Barcelona, Ronald Koeman telah ditunggu oleh segudang pekerjaan rumah (PR). Barcelona secara resmi mengumumkan penandatanganan pelatih anyar mereka, Ronald Koeman melalui akun resmi media sosialnya, Rabu (19/8/2020). Ronald Koeman senditri bagabung dengan Barcelona untuk menggantikan posisi pelatih sebelumnya, Quique Setien.

Setien diberhentikan dari posisinya yang dinilai gagal membawa Barcelona menjadi tim paling disegani di daratan Eropa. Terbukti di musim ini, Barcelona nir gelar alias tanpa trofi apapun ketika satu musim ditangani oleh eks juru taktik Real Betis itu. Namun siapa sangka, Ronald Koeman telah memiliki segudang PR yang harus segara diselesaikannya untuk tak membuat kondisi mendung di Blaugrana (julukan Barcelona) berlarut larut.

Lantas pekerjaan apa saja yang dimiliki oleh pria asal Belanda itu ketika menjadi juru taktik Lionel Messi cs itu? Dilansir dari BBC , pekerjaan rumah pertama Komena ialah menghidupkan kembali gaya bermain tiki taka yang sejauh ini semakin tergerus oleh waktu. Filosofi permainan yang menjadi identitas klub Catalan itu seiring pergantian pelatih mulai pudar.

Lalu mengapa Koeman dinilai tepat untuk menghidupkan kembali gaya bermain tiki taka milik Barcelona? Jawabannya Koeman pernah menjadi pilar kekuatan bagi Barcelona semasa masih aktif sebagai pemain. Di bawah Johan Cruyff ia menjadi pemain yang paham benar bagaimana gaya tika taka menjadi bagian dari klub asal Spanyol itu.

Setelah ketiadaan Xavi Hernandez dan Andreas Iniesta di lini tengah, perlahan filosofi permainan Barcelona itu mulai lapuk. Bahkan permainan yang cenderung Messi sentris menjadi ciri khas permainan mereka saat ini, yang nampaknya mulai terbaca oleh setiap lawan yang mereka hadapi. Pekerjaan rumah selanjutnya ialah soal bagaimana meyakinkan seorang Lionel Messi untuk tetap bertahan di publik Camp Nou.

Seperti yang diketahui, Lionel Messi dikabarkan santer akan hengkang dari Barcelona, menyusul rentetan hasil negatif yang mereka torehkan di musim ini. Santer beredar bahwa pemain yang berjuluk La Pulga itu berkeinginan hengkang dari Camp Nous secepatnya, bahkan jika itu memungkinkan ialah pada jendela transfer pemain musim panas ini. Pekerjaan itu tentu bukan hal yang mudah bagi Koeman untuk kembali meyakinkan Messi bertahan di Catalan.

Tugas mantan pelatih Timnas Belanda itu ialah membenahi skuat dari Blaugrana. Tak bisa dipungkiri kembali jika Barcelona banyak mengandalkan pemain yang usainya di atas 30an tahun. Sebut saja, Gerard Pique yang sudah berusia 33 tahun, Jordi Alba 31 tahun, Ivan Rakitic 32 tahun, Sergio Busquets 32 tahun, Luis Suarez 33 tahun, dan sang bintang Lionel Messi 33 tahun.

Kondisi itu membuat Ronald Koeman wajib melakukan peremajaan skuat untuk melakukan regenerasi pemain. Mereka harus bisa mempromosikan dan memberi jam terbang yang cukup kepada pemain pemain akademinya atau bisa jadi merekrut pemain muda yang berpotensi dari klub lain. Sedangkan di sisi lain, rival abadi dari Barcelona, yakni Real Madrid perlahan namun pasti telah melakukan perombakan skuatnya.

Paling tidak terdapat tiga PR besar yang dimiliki oleh Ronald Koeman untuk menggaransi kembalinya sang raksasa catalan untuk kembali berjaya di daratan Eropa maupun dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *