PKS Desak Pemerintah Hentikan Proyek IKN di Tengah Pandemi Corona

Pemerintah dikabarkan akan tetap melanjutkan proyek ibu kota baru di tengah pandemi virus corona atau Covid 19. Bahkan, tahapan pembebasan lahan lokasi pembangunan bendungan di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, untuk memenuhi kebutuhan air bersih di ibu kota baru dikabarkan segera dimulai. Menanggapi hal itu, anggota Komisi V DPR RI fraksi PKS Syahrul Aidi Maazat mendesak pemerintah tak melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN) baru di tengah pandemi virus Corona.

Sebab, menurutnya hal yang melatar belakangi pembagunan IKN tidak berefek menumbuhkan perekonomian. Pun demikian, penafsiran pemerintah terkait hubungan ekonomi dan IKN merupakan hal yang keliru. Syahrul juga mengingatkan tidak ada pembahasan terkait IKN 2020 dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat rapat kerja dengan Komisi V DPR pada masa sidang yang lalu.

Apalagi penetapan alokasi khusus untuk pembangunan IKN. "Sekali kita tetap pegang janji Pak Menteri PUPR untuk tidak membahas IKN di masa pandemi Covid 19 ini," ujarnya. Terkait pembangunan bendungan Sepaku, menurut Syahrul seharusnya tidak menjadi prioritas karena tidak masuk dalam Proyek Strategis Nasional yang ditandatangani dalam perpres.

"Fokus kita di Komisi V DPR RI membangun kepercayaan diri masyarakat melalui program program yang di butuhkan masyarakat menghadapi masa masa sulit ini," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *