Peneliti ITB Beberkan Cara Sekolah Adaptasi Pembelajaran di Tengah Covid-19

Peneliti Pusat Penelitian Mitigasi Bencana ITB Nuraini Rahma Hanifa membeberkan tata cara mempersiapkan kembali pembelajaran di sekolah yang aman dari penularan Covid 19. Langkah pertama yang perlu diperhatikan, menurut Nuraini adalah kebersihan dari sekolah yang akan digunakan untuk pembelajaran. Mengingat beberapa kelas sudah lama tidak digunakan.

"Beberapa hal yang harus diperhatikan, menjaga kebersihan sekolah. Didesinfeksi lagi sekolahnya. Apa lagi mungkin sudah lama tidak diisi ya. Banyak kelas yang tidak diisi itu harus dibersihkan," ucap Nuraini dalam Seri Webinar Guru Belajar, Rabu (8/7/2020). Selain faktor kebersihan, Nuraini juga menyarankan sekolah menjamin ketersediaan wastafel air bersih dan sabun agar siswa itu bisa cuci tangan. Nuraini mengatakan pihaknya telah melakukan inovasi dengan membuat wastafel tanpa kontak.

"Kita juga melakukan inovasi dengan wastafel, untuk mengurangi kontak dengan keran. Sebetulnya kontak itu perlu diminimalkan untuk Covid 19. Kita ini kita coba pakai digital, itu bisa kita rakit sendiri," kata Nuraini. Selain itu dirinya menyarankan penggunaan masker di sekolah, serta memberikan jarak antarsiswa dalam pembelajaran. Sekolah juga perlu membuat beberapa papan pengumuman atau poster yang berisi ajakan untuk mematuhi protokol kesehatan di lingkungan sekolah.

"Sehingga memberikan informasi ke anak anak dan juga guru guru," kata Nuraini. Pengecekan suhu dan kesehatan secara berkala juga perlu dilakukan. Serta melarang guru atau murid yang sakit untuk ke sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *