Pelaku Mengaku Malu Karena Ditinggal Suami Siri Pembuang Bayi di Dramaga Bogor Ditangkap

Kasus temuan kantong kresek berisi mayat bayi di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akhirnya terungkap. Seperti diketahui sebelumnya Aisyah, seorang penjual gorengan menemukan mayat bayi perempuan di salah satu kantong belanjaannya, Minggu (17/5/2020). Polisi pun bergerak cepat mengorek informasi dari sejumlah saksi untuk menemukan pelaku pembuang mayat bayi tersebut.

Hingga akhirnya aparat Polsek Dramaga menangkap seorang wanita terduga pelaku pembuangan bayi tersebut. Mendapati laporan kasus tersebut Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy memerintahkan petugas Polsek Dramaga Polres Bogor untuk melakukan penyelidikan hingga akhirnya pelaku berhasil di tangkap. Kanit Reskrim Polsek Dramaga Polres Bogor Ipda Ano dan tim berhasil menangkap tersangka di SPBU Cibanteng, Ciampea ketika Tersangka sedang mengisi BBM sepeda motor.

Dari hasil pemeriksaan sementara pelaku beralasan membuang anaknya yang baru dilahirkan hingga mengakibatkan meninggal dunia karena tersangka merasa malu setelah ditinggal pergi suami sirinya. Atas perbuatannya tersangka dijerat pasal 80 ayat (3) dan (4) Jo. pasal 76C Undang Undang No. 35 tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang Undang No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan anak, dan atau pasal 341 dan 342 KUHP dengan ancaman pidana 15 tahun penjara. Aisyah warga Kampung Situ Uncal, Desa Purwasari, Kecamatan Dramaga, Bogor, Jawa Barat, kaget mendapati satu kantong belanjaannya berisi mayat bayi perempuan.

Aisyah mengetahui bila di satu kantong belanjaannya ada mayat bayi setelah ia berbelanja kebutuhan sehari hari dari sejumlah warung. Saat berbelanja ia tidak menyadari bila salah satu kantong belanjaannya berisi mayat bayi perempuan. Hal tersebut baru diketahuinya setelah ia sampai ke rumah dan membuka seluruh kantong belanjaannya.

Kanit Reskrim Polsek Dramaga Ipda Ano Junaedi mengatakan Aisyah saat berbelanja memang menggantungkan sejumlah kantong plastik belanjaanya di motornya. Pelaku diduga mengantungkan kantong plastik berisi mayat bayi itu di motor tanpa disadari Aisyah. Ano menuturkan bahwa kasus temuan mayat bayi ini kini masih dalam penyelidikan.

"Diperkirakan orang melahirkan latar belakang apa kita masih dalami, apakah orangnya nyantolin kantongnya di motor korban saat diparkir di deket warung atau dimana," kata Ano Junaedi. Diberitakan sebelumnya, temuan sesosok mayat bayi berjenis kelamin perempuan menghebohkan warga Kampung Situ Uncal, Desa Purwasari, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Mayat bayi ini ditemukan dalam sebuah kantong plastik belanja diantara kantong kantong barang belanja milik seorang warga yang pulang belanja kebutuhan pokok.

Jasad bayi tersebut baru disadari keberadaannya, Minggu (18/5/2020) petang sebelum akhirnya dilaporkan ke polisi. Dia mengatakan bahwa sampai saat ini kasus temuan mayat bayi dalam kantong plastik yang menyatu dengan kantong belanja milik warga ini masih dalam penyelidikan. "Masih dalam penyelidikan," kata AKP Sudarsono.

Mayat bayi perempuan tersebut saat ditemukan diperkirakan baru berumur 1 hari dan kini sudah dibawa ke RSUD Ciawi untuk dioutopsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *