Nick Kuipers Merasa Aman Tinggal di Bandung Selama Pandemi Corona Bek Persib

Bek Persib, Nick Kuipers merasa nyaman tinggal di Bandung selama pandemi virus corona meluas di Tanah Air, Indonesia. Mewabahnya virus yang berasal dari Wuhan, China ini berdampak pada segala aspek kegiatan termasuk kompetisi sepak bola. Seperti diketahui darurat bencana seiring pandemi corona membuat PSSI secara resmi menunda Liga 1 2020 sejak Maret hingga Juni dengan status force majeure.

Bukan itu saja, jika kondisi tidak kunjung membaik, tidak menutup kemungkinan kompetisi musim ini dihentikan permanen. Meskipun tidak ada pertandingan, Kuipers tetap merasa nyaman dan aman selama tinggal di Bandung dibanding harus pulang Belanda. Adapun alasan lainnya terkait memilih tidak pulang karena percaya akan segera berlatih bersama.

"Saya tinggal karena saya merasa aman di sini, dan saya harap kami bisa mulai cepat dengan berlatih bersama di sini dengan tim," kata Kuipers dikutip dari . Di sisi lain, Kota Kembang saat ini juga sedang menerapkan adanya aturan pembatasan sosial bersekala besar (PSBB). Adanya PSSB pun tidak memebuat bek bernomor punggung 3 tersebut kesulitan dalam menjaga kebugaran.

"Saya berlatih di halaman saya setiap hari dan terkadang saya lari atau bersepeda disekitar rumah," ucapnya. Nick Kuipers sendiri didatangkan Persib Bandung sejak pertengahan musim Liga 1 2019 lalu. Nick Kuipers menjalani debutnya bersama Persib saat melakoni laga pekan ke 17 Liga 1 2019 saat menjamu PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung pada 30 Agustus 2019 lalu.

Pada pertandingan tersebut Nick Kuipers langsung diturunkan bersama 2 legiun asing lainnya yang didatangkan bersamaan. Pemain itu adalah Kevin Van Kippersluis yang hanya bertahan beberapa bulan dan Omid Nazari yang masih bertahan di musim ini bersama Kuipers. Kuipers bersama dua rekrutan lainnya turun di pertandingan kontra PSS sejak menit pertama.

Pemilik nomor punggung 2 itu ditempatkan sebagai bek tengah berduet dengan Achmad Juriyanto. Kuipers tampil penuh di sepanjang laga yang berakhir dengan skor 1 0 untuk kemenangan Pangeran Biru sumbangsih dari gol Erwin Ramdani di menit menit akhir pertandingan. Selain berhasil menyumbang 3 poin perdana, torehan tidak kebobolan tentu menjadi pencapaian tersendiri bagi Kuipers yang menunjukan kualitasnya di lini pertahanan.

Pada musim pertama nya bersama Pangeran Biru, bek berusia 27 tahun ini mencatatkan 17 penampilan dan menyumbang 2 gol serta 1 asisst. Kuipers pun juga mempunyai momen terbaik pada setengah musim di Liga 1 2019 lalu. Momen tersebut terjadi kala Persib Bandung menjalani laga melawan Tira Persikabo di Stadion Pakansari, Cibinong, September 2019 lalu.

Pada saat itu,Persib Bandung tertinggal lebih dulu berkat gol Osas Saha di awal babak pertama. Tira Persikabo yang bertindak sebagai tuan rumah mengambil inisiatif serangan sejak peluit kick off dibunyikan. Peluang pertama melalui sundulan Wawan Febrianto batal membuahkan hasil.

Gempuran skuat Rahmad Darmawan kala itu terus terjadi hingga Osas Saha sukses memperdayai I Made Wirawan untuk membuka keungguan tim yang berjuluk Laskar Padjajaran tersebut. Persib Bandung bukan tanpa perlawanan, Supardi yang membantu serangan dari sektor sayap hampir menyamakan kedudukan, namun sayang sepakanya terlalu lemah hingga bisa diamankan Angga Saputra, kiper Tira Persikabo. Pertandingan berlangsung dengan tensi tinggi begitu juga dengan pola serangan kedua tim.

Di penghujung babak pertama, akhirnya Persib Bandung menyamakan kedudukan melalui sundulan Nick Kuipers menyambut umpan tendangan bebas Dedi Kusnandar. Skor 1 1 bertahan hingga jeda turu minum. Bahkan setelah babak kedua berjalan, kedudukan tak berubah hingga menghasilkan satu poin untuk kedua tim.

Penampilan apiknya yang ditunjukan Kuipers jadi kunci sang pelatih Robert Albertskembali menggunakan jasanya pada musim Liga 1 2020. Kemudian pada musim ini, Nick kembali menunjukan tajinya di lini belakang dengan rekan duetnya bek naturalisasi Victor Igbonefo. Mantan pemain ADO Den Haag itu berhasil tampil menjadi tembok tangguh hingga membuat Persib Bandung menyapu 3 partai awal Liga 1 2020.

Kemenangan 3 partai awal tersebut membawa Persib Bandung memuncaki papan klasemen sementara. Rinciannya meraih kemenangan telak 3 0 di partai perdana melawan tim tamu Persela Lamongan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Pada pertandingan ini Wander Luiz memborong dua gol tepatnya pada babak kedua menit 54 dan 70.

Gol pertama Luiz merupakan asisst dari Castillion kemudian gol keduanya dari umpan Fretz Butuan. Selanjutnya di pekan kedua tim besutan coach Robert mampu mempermalukan Arema FC di kandanganya dengan skor tipsi 1 2 di Stadion Kanjuruhan. Laga panas ini berhasil dimenangkan Pangeran Biru melalui gol bunuh diri Syaiful Indracahya bek Arema dan gol penalti dari kaki Wander Luiz.

Kemudian pertandingan pekan 3 ditutup dengan kemenangan 2 1 melawan tim tamu PSS Sleman di Stadion GBLA. Duet Wander Luiz dan Geoffrey Castillion menjadi aktor kemenangan di laga ini sebelum kompetisi dihentikan akibat pandemi corona. Namun tren positif ini harus terhenti lebih dulu setelah seluruh pertandingan di Liga 1 mengalami penundaan.

Seperti diketahui kompetisi sepak bola di Tanah Air baik Liga 1 dan Liga 2 ditangguhkan sementara akibat pandemi corona hingga 29 Mei mendatang. Pertandingan dapat dilanjutkan pada awal Bulan Juli, dengan catatan pemerintah telah mencabut status kondisi darurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *