LAPAN: Suara Dentuman Misterius di Jawa Tengah Bukan dari Asteroid

Suara dentuman misterius yang terdengar di hampir seluruh wilayah Jawa Tengah diprediksi bukan dari aktivitas benda langit seperti asteroid yang dikabarkan mendekati bumi. Ia mengatakan suara dentuman misterius yang didengar sebagian besar warga di Jawa Tengah bukan berasal dari aktivitas benda langit. "Suara dentuman itu tidak ada yang bersumber dari langit yang bisa didengar dari banyak wilayah," kata Thomas.

Thomas menduga suara dentuman tersebut sumbernya dari wilayah terdekat alias lokal. "Suara bersumber dari sumber lokal," ujarnya. Dia juga menjelaskan asteroid memiliki jarak yang sangat jauh, melebihi jarak antara Bumi dan Bulan. Jadi tidak ada kaitan suara dentuman dengan asteroid seperti yang dikabarkan belakangan ini akan mendekati bumi. Sebagian besar warga yang ada di wilayah Jawa Tengah dihebohkan suara dentuman misterius.

Suara dentuman terjadi di beberapa kabupaten/kota di Jawa Tengah seperti Kota Semarang, Jepara, Solo, dan lainnya. Seorang warga di Jepara bernama Rico mendengar suara dentuman sekitar pukul 00.00 WIB. Tidak hanya warga di Jepara, di Kota Semarang ada juga warga yang mendengar suara dentuman.

"Semarang daerah (Jalan) Singa juga dengar tapi jam 01.00 pas," kata warga bernama Fatih. Di Sragen warga juga mendengar suara serupa. Mariana warga Kecamatan Sragen Kota mendengar suara dentuman sekitar pukul 01.00 WIB. Saat itu dirinya mengaku sedang menonton televisi di rumah. "Suaranya 'dung', begitu," ujarnya.

Menurutnya suara dentuman tersebut tidak berlangsung lama, hanya sekitar beberapa detik. "Sebentar hanya beberapa detik," kata Mariana. Nirwan warga di Sumber, Solo juga mendengar suara yang sama. Ia mengaku mendengar suara dentuman sangat keras sekitar pukul 00.25 wib. "Suaranya seperti menggema begitu," ujar Nirwan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *