Jawaban Soal Kelas 4-6 TVRI Taman Tersebut Memiliki Keliling 88 m Sebuah Taman Berbentuk Lingkaran

Sebuah taman berbentuk lingkaran. Taman tersebut memiliki keliling 88 m. Berapa meter persegi luas taman tersebut? Soal tersebut terdapat dalam tayangan Gemar Matematika bersama Pak Ridwan materi Keliling Bangun Datar dan Luas Lingkaran, Senin 8 Juni 2020, untuk kelas 4, 5, dan 6 SD. Orang tua atau wali diminta untuk mendampingi anak dalam mengikuti program ini.

Peserta diminta untuk menyelesaikan soal dengan jawaban yang tepat. Sebagai bahan pegangan orang tua untuk mengoreksi, berikut kunci jawaban soal SD Kelas 4 6 Gemar Matematika bersama Pak Ridwan materi Keliling Bangun Datar dan Luas Lingkaran: Sebuah lapangan bola berbentuk persegi panjang. Panjang sisinya 110 m x 80 m.

Jika Edo berlari mengelilingi lapangan sebanyak 5 kali, berapa meter Edo berlari? Keliling lapangan = 2 x (p+l) K. lapangan = 2 x (110+80)

K. lapangan = 2 x 190 K. lapangan = 380 m Edo mengelilingi sebanyak 5 kali.

X 380 m = 1.900 m Pak Indra memiliki sebuah mobil. Panjang jari jari ban mobil tersebut adalah 21 cm. Saat mobil berjalan, ban mobil berputar sebanyak 200 kali. Berapa meter jarak yang ditempuh mobil tersebut?

K. lingkaran = 2 x π x r K. lingkaran = 2 x 22/7 x 21 cm K. lingkaran = 132 cm

K. lingkaran x banyak putaran 132 cm x 200 = 26.400 cm 26.400 cm = 264 m

Sebuah taman berbentuk lingkaran. Taman tersebut memiliki keliling 88 m. Berapa meter persegi luas taman tersebut? Jari jari taman

= K/2.π = 88/2.22/7 = 88 x 7/44

= 14 m Luas taman = π x r² 22/7 x 14² = 22/7 x 196 = 616 m²

Kunci jawaban ini hanya sekadar pegangan untuk orang tua mengoreksi jawaban anak. Dari materi belajar di rumah TVRI, orang tua diharapakan memandu secara langsung proses belajar anak. Sehingga anak meraih kompetensi numerasi terkait mengukur keliling dan luas bangun datar.

08.00 08.30 WIB: Jalan Sesama: Ayunan Pertama Tantan 08.30 09.00 WIB:

Anak Seribu Pulau: Lampung 09.00 09.30 WIB: Gemar Matematika: Keliling Bangun Datar dan Luas Lingkaran

09.30 10.00 WIB: Etika Berinteraksi dengan Sahabat Disabilitas 10.00 10.30 WIB:

Seri Profesi: Motivator, Pengusaha Kopi, Praktisi Humas 10.30 11.00 WIB: Bermain dan Berolahraga dengan Anak (

19.00 21.00 WIB: Leher Angsa (Film Anak) Jadwal ini dapat berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud.

Jika ada perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut. Hal hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan: 1. Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut.

Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian. 2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya. Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya.

Jika orang tua mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru. 3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya. Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi sikap yang baik, dan intonasi pembacaan.

Selanjutnya, bersama sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan. Hal hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan: 1. Berusahalah untuk mendampingi anak menyaksikan tayangan hingga selesai.

Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan. 2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan. Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak.

3. Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesain, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku. Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut. 4. Mintalah anak membacakan hasil karya yang ditulisnya dan berikan komentar seputar penyampaian dan komunikasi yang digunakan.

Berikan penghargaan untuk karya yang sudah dibuat anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *