Jangan Ditiru! Ini Contoh Perbuatan Koruptif di Lingkungan Kampus

Pendidikan anti korupsi merupakan salah satu upaya preventif pencegahan korupsi kolusi dan nepotisme yang harus ditanamkan sejak dini. Bukan hanya dari lingkungan keluarga, lingkungan pendidikan seperti sekolah dan perguruan tinggi juga wajib mendapatkan pendidikan anti korupsi. Pasalnya korupsi bisa terjadi di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja tidak terkecuali oleh mahasiswa, dosen, maupun staf kampus. Disadari atau tidak berikut contoh perbuatan koruptif di lingkungan kampus, jangan ditiru ya!

 

  1. Bolos dan Titip Absen

Siapa yang pernah bolos dan titip absen? Ternyata perilaku ini merupakan salah satu contoh perilaku koruptif di lingkungan kampus, loh. Hal ini tentu saja mengindikasikan bahwa kamu merupakan mahasiswa yang malas.

Seringkali pelaku perbuatan ini melakukannya secara sadar dan bahkan bekerja sama dengan temannya untuk saling melakukan perbuatan curang titip absen. Wah, jika sudah pernah melakukan perbuatan ini sebaiknya hentikan saja. Sebaiknya kita menjadi mahasiswa yang jujur jika memang tidak masuk kuliah, maka berikan alasan jujur atau meminta izin kepada dosen yang bersangkutan, jangan sampai kita berkorupsi dengan melakukan titip absen.

 

  1. Mencontek Pada Saat Ujian

Mencontek pada saat ujian merupakan perbuatan tercela yang harus dihindari. Pasalnya perbuatan tersebut merupakan tindak koruptif yang dilakukan mahasiswa di lingkungan kampus. Alasan mencontek berbagai macam mulai dari tidak belajar atau kurangnya pemahaman terhadap materi yang disampaikan oleh dosen. Mahasiswa yang baik adalah mahasiswa jujur yang mengerjakan sesuai dengan kemampuannya tanpa harus mencontek. Karena salah satu nilai integritas ialah kejujuran jika kamu mencontek maka kamu telah curang dan menciderai nilai kejujuran.

 

  1. Memberikan Dosen Hadiah

Seringkali pada saat mahasiswa telah melakukan ujian magang maupun ujian skripsi yang menjadi syarat kelulusan mereka memberikan hadiah sebagai tanda terima kasih kepada dosen. Sadar atau tidak ternyata perbuatan memberikan hadiah terhadap dosen dari mahasiswa merupakan salah satu bentuk gratifikasi. Meskipun memberikan hadiah tidak ada maksud apa-apa namun dapat memicu seseorang yang diberi tidak enak hati dan lebih condong kepada si pemberi. Ditakutkan jika mahasiswa memberi hadiah kepada dosen maka penilaian dosen terhadap mahasiswa tersebut menjadi tidak objektif, hal ini tentu saja dapat mempengaruhi kinerja dosen tersebut.

 

  1. Menyalin Tugas

Sama halnya dengan mencontek,  menyalin tugas teman merupakan salah satu tindak koruptif di lingkungan. Dengan menyalin tugas teman berarti kamu sebagai mahasiswa tidak jujur dalam mengerjakan tugas sendiri. Jangan pernah membiasakan perbuatan tersebut, jika kamu merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas, maka sebaiknya berkonsultasilah dengan dosen ataupun teman yang dapat membantumu. Jangan sampai kamu mencoreng nilai kejujuran dengan menyalin hasil pekerjaan orang lain.

 

  1. Menggunakan Uang Kuliah Untuk Pribadi

Biasanya dalam memasuki semester baru mahasiswa butuh biaya untuk uang semester, kebutuhan buku, atau kebutuhan praktikum. Tentu saja hal yang membutuhkan biaya tersebut sebagian besar dibiayai oleh orang tua. Jangan sampai kamu melakukan tindak korupsi dengan mengambil uang seharusnya untuk kuliah namun untuk kepentingan pribadi. Bijaklah dan hemat dalam mengatur keuangan.

 

Itu dia beberapa contoh perbuatan koruptif mahasiswa di lingkungan kampus yang sebaiknya jangan pernah kita tiru. Mungkin hal tersebut terlihat sepele, namun dengan membiasakan melakukan hal tersebut, bukan tidak mungkin akan terbawa hingga jenjang karir nanti. Bahkan, bukan tidak mungkin kamu dapat melakukan tindakan koruptif yang lebih masif. Untuk itu, penting memupuk sifat antikorupsi sejak dini agar menjadi sebuah kebiasaan.  Mari, pelajari lebih lanjut mengenai nilai integritas dan sikap antikorupsi dengan mengunjungi situs ACLC KPK.

 

Referensi:

https://aclc.kpk.go.id/aksi-informasi/Eksplorasi/20221005-inilah-7-perilaku-koruptif-mahasiswa-ayo-hindari

https://www.idntimes.com/life/education/amp/gustyan/korupsi-mahasiswa-di-kampus-c1c2?page=all#page-2

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *