Ini Perbedaan Service dan Tune Up Mobil Menurut Otoklix 

Mobil perlu dilakukan perawatan rutin agar memiliki performa yang terjaga. Ada beberapa jenis perawatan yang perlu dilakukan oleh pemilik mobil. Diantaranya adalah melakukan service berkala dan tune up mobil. Meskipun terlihat hampir sama, namun ada perbedaan service dan tune up mobil. Perbedaan tersebut berkaitan dengan intensitas pelaksanaannya. Untuk lebih jelasnya simak pembahasannya di bawah ini, Anda juga bisa dapatkan informasi lengkap seputar otomotif  dengan  mengunjungi website otoklix.com

Pengertian Service dan Tune Up Mobil

Service mobil dapat diartikan sebagai suatu kegiatan service dengan tujuan untuk mengecek komponen mobil dan dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Service mobil biasanya dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Bahkan bisa saja service diperlukan sebulan sekali tergantung kondisi kendaraan. Service berfokus pada komponen yang cepat aus dan kotor. 

Berbeda dengan service, tune up mobil dilakukan dengan jangka waktu yang lebih lama. Tune up dapat diartikan sebagai kegiatan untuk mengatur ulang semua komponen mobil. Tune up hampir sama dengan service, hanya saja pengecekan dilakukan lebih mendalam. Mobil yang telah lama digunakan perlu dilakukan pengaturan ulang agar kinerja mobil tetap terjaga.

Meskipun ada perbedaan service dan tune up mobil, namun keduanya memiliki kesamaan. Kesamaan tersebut berkaitan dengan tujuannya yaitu sama-sama memiliki tujuan agar kinerja mobil tetap maksimal.

Perbedaan Waktu Service dan Tune Up

Perbedaan service dan tune up yang paling jelas adalah waktu pelaksanaanya. Anda juga bisa menentukan sendiri kapan mobil Anda perlu dilakukan service dan tune up. Anda bisa melakukan service mobil pertama kali ketika mobil Anda telah menempuh 1.000 km. Untuk service pertama, biasanya masih termasuk garansi sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya. 

Kemudian, jika mobil Anda telah menempuh jarak 30.000 km, 50.000 km dan 70.000 km perlu dilakukan service kembali. Tujuannya adalah untuk mengecek kondisi oli mesin, ban, dan juga mesin. Jika mobil Anda telah menempuh jarak 20.000 km, 60.000 km dan 100.000 km perlu dilakukan service dengan tujuan memeriksa sistem bahan bakar, suspensi serta sistem kemudi. 

Jika jarak yang telah ditempuh mencapai 40.000 km, 80.000 km dan 120.000 km akan dilakukan pengecekan pada bagian busi, kompresor, oli mesin, minyak rem dan filter udara. Ketika mobil telah menempuh jarak lebih dari 120.000 km, maka Anda perlu membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan tune up

Umumnya mobil dilakukan tune up setahun sekali ataupun sesuai dengan kebutuhan. Meskipun belum mencapai setahun, jika mobil terasa sudah tidak nyaman dikendarai, maka Anda bisa segera membawanya ke bengkel.

Perbedaan Biaya Service dan Tune Up

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tune up mobil merupakan kegiatan pemeriksaan komponen mobil secara mendalam. Sehingga otomatis terdapat perbedaan service dan tune up mobil dalam hal biaya. Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan tune up mobil lebih besar dibandingkan biaya service mobil.

Biaya service mobil dipengaruhi oleh jenis mobil dan juga jarak tempuh yang telah dilalui mobil. Jika jarak yang telah ditempuh mencapai 10.000 km maka biaya service mobil sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 400 ribu. Namun, jika mobil Anda telah menempuh jarak lebih dari 80.000 km maka biaya untuk service mobil bisa mencapai Rp 1 juta.

Untuk biaya tune up mobil tentu saja lebih mahal dibandingkan biaya service mobil. Biaya tune up mobil sekitar Rp 300 ribu hingga Rp 3 juta rupiah. Biaya tersebut juga belum termasuk biaya penggantian komponen maupun fluida mesin. Selain itu biaya tune up juga tergantung bengkel yang Anda pilih dan jenis mobil yang Anda miliki.

Perbedaan Jenis Pemeriksaan Service dan Tune Up

Perbedaan service dan tune up selanjutnya terletak pada jenis pemeriksaan yang dilakukan. Ada beberapa komponen yang tidak dilakukan pemeriksaan saat dilakukan service. Secara umum, service mobil meliputi pemeriksaan berupa pemeriksaan sistem aki, sistem kemudi, memeriksa baut yang ada pada roda, memeriksa tekanan angin pada roda, membersihkan filter udara dan juga dilakukan pemeriksaan apakah terjadi rembesan oli atau tidak.

Pemeriksaan yang dilakukan saat service mobil juga dilakukan pada saat Anda melakukan tune up mobil. Bahkan saat melakukan tune up, mobil Anda akan dilakukan beberapa pemeriksaan lainnya secara mendalam. Selain dilakukan pemeriksaan aki dan juga pembersihan filter udara, juga akan dilakukan pemeriksaan throttle body dan karburator. 

Mekanik pada bengkel juga akan memeriksa celah pada busi dan celah pada katup. Bahkan fluida pada mobil Anda juga akan dilakukan penggantian saat melakukan tune up. Penggantian fluida tersebut meliputi  oli transmisi, minyak rem, oli power steering, oli gardan, dan oli mesin. 

Itulah beberapa perbedaan service dan tune up mobil. Perbedaan tak hanya terletak pada jangka waktu namun juga pada biaya dan jenis pemeriksaan yang dilakukan. Kedua jenis perawatan tersebut wajib Anda lakukan agar kinerja mobil tetap maksimal serta aman dan nyaman digunakan. Anda bisa melakukannya di bengkel mobil terdekat lokasi tempat tinggal Anda. 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *