Hasil Liga Spanyol Athletic Bilbao vs Atletico Madrid: Imbang 1-1 Tren Positif Rojiblancos Berlanjut

Pertandingan antara Athletic Bilbao menjamu Atletico Madrid berakhir dengan skor imbang 1 1 Berlangsung di Stadion San Mames, Minggu (14/6/2020), tuan rumah terlebih dahulu unggul melalui lesakan Iker Muniain (37'). Ia berhasil mencatatkan namanya setelah menerima umpan dari Yuri Berchiche

Dua menit berselang, Atletico Madrid berhasil menyamakan kedudukan lewat aksi yang dilakukan oleh Diego Costa. Ia berhasil membobol gawang tuan rumah setelah menerima sodoran umpan Kok. Tambahan satu poin membuat Atletico Madrid kini menempati posis keenam dengan koleksi 46 poin.

Adapun Bilbao yang mendapatkan hasil kurang maksimal harus puas berada diurutan ke 10. Tim asal Basque itu mengemas 38 poin. Hasil yang diraih oleh Los Rojiblancos (julukan Atletico Madrid) memperpanjang catatan positifnya.

Mereka tak terkalahkan selama 8 pertandingan. Rinciannya empat kali imbang dan empat kali meraih kemenangan. Inisiatif babak pertama justru diambil oleh sang tim tamu, Atletico Madrid.

Di menit menit awal pertandingan, umpan direct banyak dilakukan oleh Atletico Madrid. Tim besutan Diego Simeone tersebut mengandalkan duet penyerang Yannick Carasco dan Diego Costa. Sedangkan dari tim tuan rumah, anak asuh dari Gaizka Garitano striker tunggal

Di mana pergerakan Raul Garcia didukung dengan tiga pergerakan pemain dibelakangnya. Di antaranya ialah Inigo Cordoba, Iniker Muniain dan Inaki Wlilliams. Memasuki menit ke 3, Athletic Bilbao mencoba menjawab serangan yang dilakukan tim tamu.

Memanfaatkan umpan umpan silang, Bilbao banyak melakukan serangan yang ditujukan kepada Raul Garcia. Peluang dimiliki tim tamu di menit ke 6 melalui Yannick Carasco. Namun tandukan dari sang pemain hanya menyamping di sisi gawang tim tuan rumah yang dikawal oleh Unai Simon.

Memasuki menit ke 7, intensitas permainan cenderung menurun. Kedua tim memiliki menerapkan skema saling menunggu. Pressing ketat tidak dilakukan kedua tim.

Memasuki menit ke 10, Atletico Madrid kembali menaikkan intensitas serangan. Namun Thomas Partey dkk memil9ih untuk mem by pass lapangan tengah lewat umpan umpan direct. Hasilnya, lini pertahanan Bilbao yang digalang oleh Inigo Martinez dkk masih mampu mengantisipasinya.

Yannick Carasco kembali mendapatkan peluang di menit ke 11. Namun sepakan pemain yang pernah merumput di Liga China itu masih belum menemui sasaran. Umpan umpan pendek menjadi momok bagi lini pertahanan tuan rumah.

Beberapa kali umpan terobosan yang dipertontonkan oleh Diego Costa dkk mampu membelah lini pertahanan sang tuan rumah. Kesalahan umpan masih mewarnai jalannya pertandingan di sepanjang 16 menit. Kondisi tersebut membuat aliran penguasaan bola lebih mudah mengalami perpindahan.

Bilbao sendiri memilih untuk bermain secara sabar. Tim asal Basque itu mencoba membangun serangan dari lini belakang. Perlahan namun pasti, tuan rumah mulai menemukan bentuk permainannya.

Dengan memanfaatkan lebar lapangan, Inaki Williams dkk mampu membongkar lini pertahanan tim tamu yang dikawal Raul Gimenez. Beberapa kali Bilbao mampu menciptakan peluang emas. Meksipun demikian, peluang yang dikreasikan dengan baik tak dapat dikonversikan menjadi gol.

Beberapa shot yang dilakukan para pemain depan Bilbao tak menyasar ke gawang. Peluang dimiliki oleh Inaki Williams di menit ke 24. Heading dari winger Athletic Bilbao itu masih dapat diamankan oleh jan Oblak.

Serangan demi serangan mulai gencar dilakukan oleh iker Muniain dkk. Kondisi tersebut membuat tim besutan Diego Simeone lebih banyak fokus ke area pertahanannya. Praktis, hanya ada Diego Simeone yang ditinggalkan di posisi depan penyerangan.

Beberapa kali sektor kiri pertahanan tim tamu banyak dieksploitasi. Posisi yang ditempati oleh Ander Capa kerap kali menjadi bulan bulanan Inaki Williams . Baik umpan direct maupun terobosan banyak dilakukan dari posisi kiri pertahanan tim asal kota Madrid itu.

Oblak kembali melakukan aksi safety di menit ke 32 dari heading on target yang dilakukan oleh Raul Garcia. Menit ke 37, Muniain berhasil memecah kebuntuan. Ia berhasil menaklukkan Jan Oblak setelah menerima umpan dari Yuri Berchiche, skor berubah menjadi 1 0.

Dua menit berselang, Atletico Madrid berhasil menyamakan kedudukan melalui sumbangsih dari Diego Costa. Ia berhasil lolos dari jebakan offside dan memanfaatkan umpan yang diberikan oleh Saul Niguez. Hingga babak pertama selesai, skor 1 1 menutup pertandingan.

Pada babak kedua, Atletico Madrid mencoba mengambil inisiatif serangan. Los Rojiblancos (julukan Atletio Madrid) mencoba memanfaatkan menit menit awal babak kedua untuk menekan tim tuan rumah. Jual beli serangan terus dipertontonkan oleh kedua tim sepanjang babak kedua.

Memasuki menit ke 65, Atletico Madrid mencoba menurunkan intensitas serangan. Alhasil beberapa kali, melalui kecepatan yang dimiliki Inaki Williams, beberapa kali sektor kanana pertahanan tim tamu mudah dieksploitasi. Kombinasi yang dilakukan oleh Williams dan Yuri Berchiche beberapa kali menghasilkan peluang.

Meskipun demikian, penyelesaian akhir nampak menjadi kendala dari tim Athletic Bilbao. Hingga laga usai, skor bertahan 1 1 untuk kedua tim. Unai Simon (GK), Ander Capa, Yeray Alvarez, Inigo Martínez Yuri Berchiche; Dani García; Unai Lopez, Iker Muniain; Inaki Williams, Raul Garcia, dan Inigo Cordoba.

Jan Oblak (GK): Kieran Trippier, Jose Gimenez, Stefan Savic, Renan Lodi; Koke, Marcos Llorente, Thomas Partey, Saul Níguez; Diego Costa, Yannick Carrasco

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *