Dua Bule AS Tersesat di Sekitar Bukit Catu Karangasem Andalkan Google Maps

Roland dan Ridge, keduanya warga Amerika Serikat tersesat di sekitar Bukit Catu, Selumbung, Kecamatan Manggis, Minggu (21/6/2020) malam hari. Mereka tersesat hingga beberapa jam dalam kondisi perbekalan yang menipis. Awalnya dua bule itu berencana ke Pereranan dengan panduan Google Maps.

Yang bersangkutan berangkat dariAmed, Kecamatan Abang mengunakan sepeda motor, Minggu (21/6/2020) sekitar pukul 17.00 wita. Mirisnya, kedua bule ini tidak membawa makanan serta minuman. Sesampai di Kecamatan Manggis, Google Maps menunjukan arah ke Desa Selumbung tepatnya ke Bukit Catu.

Kedua bule tetap mengikuti petunjuk Google Maps lantaran tidak tahu jalan di Karangasem. Saat itu yang bersangkutan tidak memiliki perasaan apapun dan tetap melakukan perjalanan. Namun mereka panik saat langit mulai gelap dan jalan yang dilalui berupa hutan, cukup terjal serta licin.

Jalanan rusak membuat yang bersangkutan sadar jika petunjuk salah sehingga berusaha mencari jalan keluar. Sayangnya yang bersangkutan tak menemukan jalan keluarnya dari hutan. Koordinatir Pos SAR Karangasem, Gusti Ngurah Eka Widnyana mengatakan, karena sudah gelap dan medannya terjal ke 2 bule mnghubungi rekannya, Isabella, di Denpasar.

Sekitar pukul 21.20 wita, Isabella melapor ke Basarnas Provinsi Bali. Info tersebut disampaikan ke PosSARKarangasem. "Mereka cukup panik karena merasa tersesat dan hari mulai gelap. Selanjutnya mereka segera menghubungi temannya Isabela untuk memintai pertolongan,"ungkap Gusti Ngurah Eka Widnyana, Senin (22/6/2020) siang.

Mendapat informasi tersebut, petugas langsung turun melakukan pencarian. Kedua bule ditemukan sekitar pukul 23.30 wita. Mereka ditemukaan dengan kondisi selamat, hanya mengalami lecet di bagian tangan.

Untuk perbekalan air minum sudah hampir habis. Beruntung mereka bisa mengakses jaringan internet, sehingga bisasharetitik koordinat. "Sebelum ditemukan, mereka terus berusaha cari jalan untuk keluar, namun karena medan turunan dan licin, akhirnya Roland dan Ridge memutuskan turun dari motor berjalan kaki serta berusaha meminta pertolongan dengan mencari rumah warga,"ungkap Gusti Ngurah Eka Widnyana.

Proses pencarian melibatkan lima orang rescuer dari Pos SAR Karangasem, Polres Karangasem, Polsek Manggis, dan pemandu serta warga setempat. Pencarian sampai 1 jam lebih. Setelah ditemukan kedua bule langsung dievakuasi ke Mapolsek Manggis untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *