Chelsea Bukan Lagi Rumah yang Menjanjikan Bagi Pemain Berdarah Brasil

Chelsea merupakan salah satu tim sepak bola asal Inggris yang mulai dikenal publik sejak diakuisisi Roman Abramovich. Chelsea berhasil menuai berbagai kesuksesan semenjak era Roman Abramovich pada tahun 2003. Berbagai gelar bergengsi telah menambah lemari koleksi trofi tim berjuluk The Blues tersebut.

Di kancah domestik, Chelsea telah berhasil meraih lima gelar Liga Inggris, lima Piala FA, dan tiga Piala Liga. Chelsea juga telah mendulang gelar Liga Eropa sebanyak dua kali tepatnya pada tahun 2013 dan 2019. Gelar Liga Champions menjadi torehan yang paling membanggakan Chelsea semenjak dipegang oleh Roman Abramovich.

Salah satu hal menarik dari Chelsea, tim ini cukup sering mendatangkan pemain berkebangsaan Brasil. Beberapa nama pemain asal Brasil telah beberapa kali mendarat di Stamford Bridge. Sebut saja mulai dari Oscar, Ramires, Filipe Luis, Alex, David Luiz, hingga Willian.

Hanya saja, tak jarang para pemain asal Brasil tersebut sering terlihat tidak maksimal ketika bermain di Chelsea. Usut demi usut hubungan Chelsea dengan pemain Brasil sendiri diawali ketika salah satu penasihan penting Roman Abramovich, Piet De Viser bertemu dengan orang penting di Negeri Samba, Giuliano Bertolucci. Salah satu bukti awal dari hubungan tersebut adalah kedatangan Alex pada medio tahun 2004 ke Chelsea.

Kemudian, Giuliano Bertolucci sering dikaitkan memiliki hubungan special dengan Kia Joorabchian, sang pendiri Media Sports Investments dan mitra klub Brasil, Corinthians. Sejak saat itu, Chelsea selalu memiliki kesempatan untuk mendatangkan para pemain yang berasal dari Brasil. Beberapa pemain bintang Brasil yang cukup baik berkontribusi bagi Chelsea dalam satu dekade terakhir antara lain Oscar, Ramires, David Luiz, dan Willian.

Keempat pemain tersebut merupakan rekrutan Chelsea hasil dari kolaborasi Bertolucci dan Joorabchian. Selain itu, Chelsea pernah mengeluarkan uang sebanyak 20 juta pound guna merekrut empat talenta muda asal Negeri Samba. Keempat pemain muda tersebut yakni Lucas Piazon, Nathan, Kennedy, dan Wallace.

Hanya saja masa depan para talenta muda tersebut justru kurang jelas karena minimnya peran dari keempatnya. Tradisi menggunakan pemain Brasil di Chelsea seperti sudah tidak bertahan lama lagi. Hal itu membuat Chelsea bisa saja dinilai sudah bukan menjadi klub yang menjanjikan bagi para pemain Brasil.

Pemain Brasil yang dikabarkan akan segera dilepas oleh Chelsea yakni Willian. Kontrak Willian bersama Chelsea akan berakhir pada musim panas nanti. Jika Willian pergi dan The Blues tidak membeli gelandang serang berdarah Brasil pada musim dipastikan.

Maka dipastikan tim Stamford Bridge tidak akan memiliki pemain Brasil lagi pada musim depan. Ditambah salah satu fokus Chelsea saat ini adalah mengoptimalkan potensi anak mudanya. Secara kebetulan ternyata banyak anak muda Chelsea yang justru kelahiran Inggris alias pemain lokal.

Sebut saja Tammy Abraham, Mason Mount, hingga Reece James yang musim ini telah berhasil menembus skuat utama The Blues. Hal itulah yang akan membuat Chelsea sudah tidak memprioritaskan untuk merekrut pemain asal Brasil. Alasan lain bahwa banyak kegagalan Chelsea setiap merekrut pemain berkebangsaan Brasil.

Misalnya, Alexandre Pato yang datang ke Stamford Bridge pada 2016. Eks AC Milan tersebut hanya bermain dua pertandingan saja dengan koleksi satu gol Atau Wallace yang bergabung dengan Chelsea pada 2019 tetapi tidak pernah bermain bersama Chelsea sehingga ia kembali ke Figueriensi tahun lalu.

Begitu pula dengan potensi Fillipe Luis yang menjadi andalan bek kiri Atletico Madrid gagal tampil baik ketika pindah ke Chelsea. Ia kalah saing dengan Marcos Alonso yang tampil lebih tajam daripada Fillipe Luis. Sejak tahun 2007 hingga sekarang, Chelsea selalu memiliki setidaknya satu pemain Brasil dalam skuatnya.

Tampaknya tradisi tersebut tidak lagi dipertahankan oleh pasukan Roman Abramovich pada musim mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *