Bayi Berusia 4 Bulan di Muara Enim Sumatera Selatan Positif Covid-19

Bayi 4 bulan berjenis kelamin perempuan di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan dinyatakan positif terjangkit virus corona atau Covid 19. Hal tersebut diketahui setelah bayi berjenis kelamin perempuan tersebut menjalani pemeriksaan swab. Juru Bicara Penanganan Covid 19 Sumatera Selatan Zen Ahmad mengatakan bayi tersebut masuk dalam daftar pasien ke 56.

Menurut dia, kini kondisi bayi itu masih dilakukan perawatan di rumah sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang lantaran mengalami kondisi pneumonia berat. "Untuk ibu dari bayi tersebut masih menunggu hasil lab, sementara hanya bayinya yang positif," kata Zen dalam konfrensi pers yang disiarkan secara langsung, Minggu (19/4/2020). Dengan kejadian tersebut, Zen belum bisa menjelaskan secara rinci lokasi bayi malang itu terpapar virus corona. Sebab, tim gugus tugas dan Dinas Kesehatan masih melakukan tracing untuk mencari siapa saja orang melakukan kontak dengan pasien tersebut.

"Masih penyelidikan, apakah kasus ini impor atau lokal. Kondisi bayi itu keadaannya peumonia berat," ujarnya. Diberitakan sebelumnya, jumlah kasus konfirmasi positif Covid 19 di Sumatera Selatan kembali bertambah, sebanyak 89 orang, pada Minggu (19/4/2020). Sebelumnya, pada Sabtu (18/4/2020) kemarin jumlah kasus positif sebanyak 84 orang. Setelah dilakukan tracing dan pemeriksaan swab, jumlah itu kembali bertambah sebanyak lima orang.

Juru Bicara Penganan Covid 19 Sumatera Selatan Nur Puwoko mengatakan, dari lima kasus konfirmasi positif baru tersebut, tiga merupakan warga Palembang dan dua berasal dari kota Prabumulih. "Lima kasus ini merupakan transmisi lokal," kata Nur saat menggelar konfrensi pers yang disiarkan secara langsung. Kota Palembang dan Prabumulih, diketahui saat ini telah menjadi zona merah lantaran adanya kasus transmisi lokal atau penularan di satu daerah.

Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid 19, Achmad Yurianto, mengumumkan perkembanngan terkini kasus virus corona di Indonesia, Minggu (19/4/2020). Hingga saat ini 47.478 spesimen dari42.219orangsudah dilakukan pemeriksaan. Diketahui,setiap orang bisa menjalani spesimen lebih dari satu kali.

Dari hasil pemeriksaan spesimen yang dilakukan di 38 laboratorium, didapatkan 6.575 orang dinyatakan positif corona. Selain itu, Achmad Yurianto pun mengungkap berdasarkan hasil pemeriksaan spesimen sebanyak 35.644 orang dinyatakan negatif corona. "Ada tambahan pasien positif, sehingga total kasus konfirmasi positif sebanyak 6.575," ujar Achmad Yurianto di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Minggu (19/4/2020).

Pemerintah melaporkan adanya penambahan kasus positif virus corona (Covid 19) sebanyak 327 pasien pada Minggu (19/4/2020). Sehingga totol kasus positif menjadi 6.575 orang. "Ada tambahan pasien positif, sehingga total kasus konfirmasi positif sebanyak 6.575," ujar Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona (Covid 19) Achmad Yurianto dalam jumpa pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Minggu (19/4/2020).

Selain itu, dilaporkan pula terdapat tambahan pasien sembuh sebanyak 55 orang. Sehingga total saat ini ada 686 orang dinyatakan sembuh dari penyakit Covid 19. Kemudian, Achmad Yurianto pun mengungkap ada penambahan pasien positif corona yang meninggal dunia sebanyak 47 orang.

Sehingga total korban meninggal dunia akibat virus corona sebanyak 582 orang. Menjaga kesehatan dan kebugaran agar stamina tubuh tetap prima dan sistem kekebalan tubuh meningkat. Mencuci tangan dengan benar secara teratur menggunakan air dan sabun atau hand rub berbasis alkohol.

Mencuci tangan sampai bersih selain dapat membunuh virus yang ada di tangan kita, tindakan ini juga merupakan satu tindakan yang mudah dan murah. Sekira 98persen penyebaran penyakit bersumber dari tangan. Oleh sebeb itu, menjaga kebersihan tangan adalah hal yang sangat penting.

Saat batuk dan bersin, tutup hidung dan mulut Anda dengan tisu atau lengan atas bagian dalam (bukan dengan telapak tangan). Hindari kontak dengan orang lain atau bepergian ke tempat umum. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut (segitiga waja).

Tangan menyentuh banyak hal yang dapat terkontaminasi dengan virus. Jika kita menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang terkontaminasi, maka virus dapat dengan mudah masuk ke tubuh kita. Gunakan masker dengan benar hingga menutupi mulut dan hidung ketika Anda sakit atau berada di tempat umum.

Buang tisu dan masker yang sudah digunakan ke tempat sampah dengan benar, lalu cucilah tangan Anda. Mununda perjalanan ke daerah atau negara dimana virus ini ditemukan. Hindari pebergian ke luar rumah saat Anda merasa kurang sehat.

Terutama jika anda merasa demam, batuk, dan sulit bernapas. Segera hubungi petugas kesehatan terdekat, dan mintalah bantuan mereka. Sampaikan pada petugas jika dalam 14 hari sebelumnya Anda pernah melakukan perjalanan terutama ke negara terjangkit.

Atau pernah kontak erat dengan orang yang memiliki gejala yang sama. Kemudian ikuti arahan dari petugas kesehatan setempat. Selalu pantau perkembangan penyakit Covid 19 dari sumber resmi dan akurat.

Ikuti arahan dan informasi dari petugas Kesehatan dan Dinas kesehatan setempat. Informasi dari sumber yang tepat dapat membantu Anda melindungi diri dari penularan dan penyebaran Covid 19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *