Arsenal Segera Comeback menuju Liga Champions Keyakinan Almunia terhadap Mikel Arteta

Salah seorang mantan kiper Arsenal, Almunia menilai Mikel Arteta sebagai sosok pelatih yang tepat menangani The Gunners. Almunia cukup yakin kehadiran Arteta akan segera membawa Arsenal kembali berlaga dalam ajang Liga Champions dalam waktu dekat. Keyakinan Almunia tersebut berdasarkan atas dampak yang telah diberikan Arteta semenjak ditunjuk sebagai juru taktik Arsenal.

Pelatih berdarah Spanyol tersebut tercatat mengambil alih tanggung jawab sebagai pelatih Arsenal pada Desember tahun lalu. Sempat mengawali musim ini dengan performa yang kurang menyakinkan, kini Arsenal tengah menikmati performa impresif. Mikel Arteta yang didapuk sebagai pengganti pelatih Unai Emery yang dipecat dinilai jadi dalang utama kebangkitan Arsenal.

Torehan delapan kemenangan, enam hasil imbang, dan dua kekalahan mewarnai perjalanan Mikel Arteta menjadi juru taktik Arsenal. Dilansir , Almunia mendukung penuh pekerjaan yang akan dilakukan Arteta demi mengembalikan performa klub pada masa mendatang. "Arsenal yang merupakan klub besar tentu memalukan melihat mereka seperti ini," ungkap Almunia.

"Untuk sejarah, infrastruktur, penggemar, dan daya tarik, mereka seharusnya bermain di Liga Champions dan menempati posisi lebih tinggi di liga," tambah pria yang dulunya bermain sebagai penjaga gawang Arsenal. "Cepat atau lambat, mereka akan menjadi yang terbaik lagi dan saya yakin akan membantu hal tersebut," yakinnya. Almunia menyakini sosok Arteta sebagai salah satu pelatih modern yang akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Arsenal.

"Dia berbagi ruang ganti dengan beberapa pemain yang dia latih sekarang dan dia tahu apa sepak bola modern," tambah Almunia. "Dia pasti tahu apa hal terbaik bagi mereka, dia harus diberi waktu," pungkas Almunia. Arteta sendiri meninggalkan perannya sebagai assisten Pep Guardiola di Manchester City untuk menduduki posisinya saat ini sebagai pelatih Arsenal.

Sebelumnya, bek Arsenal yakni David Luiz menganggap performa menanjak yang dijalani Arsenal tak lain karena peran Mikel Arteta. Pemain berkebangsaan Brasil itu menganggap mantan kapten Arsenal tersebut mampu memberikan pemahaman yang lebih baik tentang klub. Alhasil, seluruh komponen tim kembali bisa bersatu setelah dipegang Mikel Arteta.

"Sejak pertemuan pertama, aku melihat, bernafas, dan berkata sekarang aku mengerti mengapa aku ada di sini," ungkap David Luiz kepada ESPN , dilansir . "Sejak itu, aku telah terpesona oleh kualitas dan perilaku yang dimilikinya," tambahnya. David Luiz juga mengaku sangat terkesan dengan Mikel Arteta sejak pertama kali menginjakkan kaki sebagai pelatih Arsenal.

"Hal yang paling mengesankan bagi saya adalah pada hari dia tiba, dia mampu menyatukan seluruh komponen klub, bukan hanya para pemain," jelas David Luiz. "Dan saya ingin klub berjalan bersama, dengan ide yang sama, tujuan yang sama, serta nafas yang sama," lanjut eks bek Chelsea tersebut. "Biarkan semua orang mengerti mengapa kami ada disana, siapa yang kami wakili dan bagaimana kami seharusnya melakukannya," beber pemain Timnas Brasil tersebut.

Arsenal sendiri berada di urutan kesembilan di kancah Liga Inggris sebelum musim ini ditangguhkan karena wabah virus corona. Bahkan, Mikel Arteta menjadi salah satu orang yang sempat dinyatakan positif terjangkit virus corona. Hingga pada akhirnya, sang pelatih telah sembuh dari terpapar virus yang berasal dari China tersebut.

David Luiz sempat merasa perasaan campur aduk setelah Mikel Arteta dinyatakan positif corona. "Kami takut karena pada hari dia dinyatakan positif, kami sedih, takut, kami terjebak di rumah," kata David Luiz. "Kami dikarantina sebelum semua orang, itu menjadi peringatan besar bagi kami untuk memiliki seseorang yang sangat dekat ternyata positif corona," pungkas sang mantan pemain The Blues tersebut.

David Luiz sendiri merupakan salah satu pemain yang secara mengejutkan didatangkan oleh Arsenal dari Chelsea pada bursa transfer musim panas lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *