6 Ide Balkon Lantai 2 yang Estetik

Pernahkah Anda memikirkan betapa pentingnya merancang balkon lantai 2 agar sesuai dengan fungsi dan tetap memancarkan keindahan? Balkon bukan lagi sekadar area tambahan di rumah, melainkan ruang yang dapat memberikan pengalaman unik dan menyenangkan bagi penghuninya.

Dengan perencanaan yang matang, balkon rumah Anda dapat menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai, menikmati pemandangan, atau bahkan menggelar acara kecil bersama keluarga dan teman.

6 Ide Balkon Lantai 2 yang Dapat Ditiru

Untuk mempermudah Anda menentukan desain balkon seperti apa yang paling cocok, berikut ini beberapa rekomendasi menarik sebagai pertimbangan:

●     Balkon Rumah Minimalis Modern

Seperti halnya dalam konsep minimalis, desain modern cenderung menekankan pada pengurangan elemen dekoratif yang berlebihan, lebih memilih bentuk-bentuk yang sederhana namun kuat dalam estetika.

Terlihat bahwa desain kanopi untuk balkon lantai dua telah dikembangkan dengan sistem otomatis yang menarik. Keberadaan sistem ini memungkinkan pengguna untuk menutup bagian kanopi tanpa harus repot naik ke lantai atas, menambah kenyamanan dan efisiensi dalam penggunaan ruang.

●     Balkon Bergaya Skandinavia

Tidak hanya membatasi diri pada desain minimalis, alternatif lain yang dapat Anda pertimbangkan adalah menggunakan desain kanopi balkon bergaya Skandinavia.

Desain ini menekankan penggunaan material alami, pemilihan warna-warna netral, penggunaan motif khas Skandinavia, serta menampilkan kesan yang lebih tenang dan damai.

Desain kanopi untuk balkon lantai dua ini dapat menggabungkan bahan besi hollow dan baja ringan, dengan dominasi warna putih yang memberikan kesan netral dan bersih.

Pendekatan ini membantu menciptakan atmosfer yang nyaman dan menyenangkan di bagian eksterior rumah, sejalan dengan estetika Skandinavia yang ditampilkan.

●     Balkon ala Resort

Bagi Anda yang mengidamkan hunian dengan nuansa seperti di sebuah resort, mungkin konsep kanopi untuk balkon lantai dua akan menjadi pilihan yang tepat untuk diadopsi.

Menggunakan material kayu, Anda dapat memanfaatkan bagian bawahnya sebagai tempat parkir untuk kendaraan, sehingga terlindungi dari hujan atau sinar matahari langsung. Sementara bagian atasnya dapat dijadikan sebagai ruang bersantai dengan menambahkan bean bag atau kursi santai lainnya.

Dengan demikian, Anda dapat menciptakan suasana yang nyaman dan santai seperti di sebuah resort di kenyamanan rumah Anda sendiri.

Sumber : https://www.pexels.com/photo/photo-of-balcony-near-trees-1022936/

●     Balkon dengan Taman Mungil

Selanjutnya, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengubah kanopi balkon lantai dua menjadi sebuah taman kecil yang indah di area atas rumah Anda. Konsep inspiratif ini mengusung kanopi balkon bermaterial besi yang terlihat minimalis, di mana bagian bawahnya dapat difungsikan sebagai tempat parkir mobil.

Di sisi lain, area balkonnya dapat diisi dengan berbagai macam tanaman hias favorit, menciptakan suasana yang segar dan asri di lingkungan hunian Anda. Untuk memperindah tampilan balkon secara keseluruhan, Anda dapat memilih pot-pot tanaman yang memiliki desain menarik dan unik.

●     Balkon dengan Kaca Estetik

Kanopi yang digunakan untuk balkon lantai dua ini terbuat dari material kaca berbentuk datar. Salah satu keunggulannya adalah penggunaan kaca dapat memberikan kesan modern pada tampilan rumah.

Selain itu, penggunaan kanopi lantai dua yang terbuat dari kaca ini juga sangat cocok bagi penghuni yang memiliki hobi dalam memelihara tanaman. Anda dapat menempatkan tanaman-tanaman yang membutuhkan banyak cahaya matahari di bawah kanopi tersebut.

Namun pastikan pula untuk menggunakan lapisan waterproof agar bagian balkon. Manfaat waterproofing ini yaitu agar balkon tidak mengalami kebocoran saat hujan hujan tiba.

●     Balkon dengan Nuansa Hitam

Jika Anda memiliki selera yang menghargai desain yang elegan dan mewah untuk kanopi, maka sangat disarankan untuk mencoba opsi penutup atap ini.

Dengan penampilan yang sangat menarik, opsi ini akan cocok dipadukan dengan berbagai warna material lainnya, menambahkan sentuhan estetika yang beragam dan memikat.

Kelebihan desain ini tidak hanya terletak pada aspek visualnya yang menawan, tetapi juga pada kemampuannya untuk memberikan karakter yang unik dan memikat pada eksterior bangunan Anda. Dengan demikian, Anda dapat menciptakan suasana yang lebih mewah dan berkelas di sekitar rumah.

Kesimpulan

Dari beberapa desain di atas, mana yang menarik perhatian Anda? Apapun itu, sebelum Anda merubah bagian balkon rumah, pastikan untuk mempertimbangkan setiap detail dan elemen dengan cermat agar sesuai dengan kebutuhan dan selera penghuninya.

Salah satu hal yang tidak boleh diabaikan adalah penggunaan waterproofing untuk mencegah kebocoran atau rembes pada balkon. Terkait hal ini, produk Sika dapat menjadi solusi terbaik untuk memastikan kualitas dan ketahanan balkon Anda.

Sebagai rekomendasi, Anda dapat menggunakan SikaTop®-107 Seal ID untuk keperluan tersebut. Produk ini memiliki beragam kelebihan yang baik untuk balkon lantai 2 Anda.

Beberapa kelebihan di antaranya yakni campuran sudah tertakar, mudah dicampur dan digunakan, konsistensi dapat disesuaikan untuk aplikasi menggunakan kuas atau trowel, daya rekat sangat baik pada substrat yang keras, kedap air, berketahanan yang baik terhadap abrasi dan pengikisan, tidak retak atau susut jika digunakan sesuai petunjuk, tidak korosif, tidak mudah terbakar, tidak beracun, dan cukup fleksibel.

Tidak perlu ragu untuk menggunakan produk SikaTop®-107 Seal ID. Sika sudah berpengalaman selama 113 tahun telah berhasil menangani berbagai proyek global, termasuk proyek rumit seperti Mirador de los Ocobos di Colombia. Selain itu, Sika juga merupakan pencetus waterproofing semen pertama di Indonesia.

Oleh karena itu, disarankan untuk memilih produk lapisan waterproof dari Sika yang sesuai dengan kebutuhan balkon lantai 2 rumah Anda untuk memastikan Anda mendapatkan kualitas terbaik. Informasi lebih lanjut tentang berbagai produk yang tersedia dapat Anda temukan di sini!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *