3.869 Pelanggar PSBB di Jakarta Kena Hukuman Sapu Jalan Hingga Bersihkan Toilet

Hingga kini, Pemprov DKI Jakarta masih memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di masa pandemi virus corona atau Covid 19. Diketahui, PSBB yang berlaku saat ini atau tahap III akan berakhir pada 4 Juni 2020 mendatang. Dalam pelaksanaan itu, disebutkan sudah puluhan ribu warga yang melanggar.

Rinciannya, sebanyak 3.748 tempat usaha ditindak, kemudian 17 pabrik, 32 kantor, dan 10.986 pelanggar perorangan. "Jadi, totalnya ada 14.783 pelanggaran yang kami tindak," ucapnya, Sabtu (30/5/2020). Dari jumlah tersebut,SatpolPPmelakukan penyegelan terhadap 453 tempat usaha, kantor, dan pabrik.

Kemudian, sebanyak 9.323 pelanggar diberi teguran tertulis dan 1.138 lainnya dikenakan sanksi denda. Selain itu, ada juga 3.869 pelanggar peroraan yang diberikansanksisosialmembersihkan fasilitas umum menggunakan rompi oranye. Arifin menjelaskan, ribuan orang itu diberi sanksi menyapu jalan dan ada juga yang diminta membersihkan toilet umum lantaran tak mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah serta berkerumun lebih dari lima orang.

"Mereka berkerumun, kumpul kumpul melebihi dari ketentuan jadi kami berisanksisosial," kata Arifin. "Ada juga yang tidak menggunakan masker kemudian kami beri sanksi kerja sosial," sambungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *